Lembah Harau Yang Memukau

Pondok kecil dibelakang saya ini merupakan salah satu bagian dari resort Sarasah Bunta di Lembah Harau

Pondok kecil dibelakang saya ini merupakan salah satu bagian dari resort Sarasah Bunta di Lembah Harau

Liburan panjang, waktu yang selalu ditunggu banyak orang. Dibutuhkan persiapan dan informasi sebanyak mungkin untuk dapat menikmati perjalanan yang mengasyikkan. Terutama ke daerah yang belum pernah dikunjungi, kemanapun tujuannya. Tulisan-tulisan saya pada edisi liburan kali ini barangkali bisa sedikit memberikan informasi beberapa objek wisata di seputar Sumatra Barat khususnya.

photo by: ettylist.

Bagi anda yang belum menentukan daerah tujuan wisata, berkunjung ke “Ranah Minang” mungkin bisa menjadi salah satu alternatif. Kampung halaman kedua orang tua saya ini, memiliki banyak lokasi wisata menakjubkan yang layak diperhitungkan. Meskipun saya lahir dan besar di Jakarta, namun pesona alam Minangkabau selalu membangkitkan nuansa tersendiri yang membuat saya ingin datang dan datang lagi. Salah satunya adalah Lembah Harau ini. Promosi? Gak salah juga kaaan….??? Karena keindahan alamnya memang asli mempesona !

Di sisi tebing yang nyaris tegak lurus ini banyak ditumbuhi pohon-pohon besar. Saya mengambil gambar ini dari jalan raya pada jarak lebih dari 2 km. Dengan lensa tele bagian atas dari tebing ini masih ada lagi, yang tidak terlihat di gambar ini. Coba bandingkan dengan tinggi pohon kelapa yang bereret dibawah tebing, bisa bayangkan ketinggiannya kan ?

Di sisi tebing yang nyaris tegak lurus ini banyak ditumbuhi pohon-pohon besar. Saya mengambil gambar ini dari jalan raya pada jarak lebih dari 2 km. Dengan lensa tele bagian atas dari tebing ini masih ada lagi, yang tidak terlihat di gambar ini. Coba bandingkan dengan tinggi pohon kelapa yang bereret dibawah tebing, bisa bayangkan ketinggiannya kan ? (photo by : ettylist)

Lembah yang dikelilingi oleh tebing yang menjulang tinggi, sebuah benteng alam maha karya Sang Pencipta. Subhannallah. (photo by : ettylist)

Salah satu sisi tebing yang mengelilingi lembah, terdiri dari batuan granit dengan ketinggian hingga ratusan meter. Cocok untuk olah raga panjat tebing yang memacu adrenalin.(photo by : ettylist)

Jalan-jalan ke Ranah Minangkabau, memang belum sempurna jika tidak mengunjungi Lembah Harau. Lembah ini, terletak di Kabupaten Lima Puluh Kota, sekitar 47 km timur laut kota Bukittinggi. Lembah Harau merupakan jurang besar dengan diameter mencapai 400 m. Tebing-tebing granit dengan kemiringan mendekati 90 derajat ini mengelilingi lembah dengan ketinggian 80 m hingga 300 m, Lembah Harau adalah Grand Canyon-nya Indonesia. Disepanjang jalan memasuki lokasi ini, kita akan menemukan banyak keindahan yang memukau. Tapi ini baru salah satu pesona alam Minangkabau….

Lembah Harau memiliki 2 lokasi wisata, yaitu Sarasah Bunta dan Aka Barayun. Maksudnya, Akar Berayun. Orang Minang menyebutnya “aka”, dengan menghilangkan huruf “r” dibelakangnya. Bahasa Minang memang penuh dengan penggalan kata. Misalnya nih, kata “dimana”, mereka akan menyebutnya “dima”. Siapa itu, menjadi “sia tu”. Irit ya… ha..haa

Tingginya air terjun di Sarasah Bunta.

Di lokasi Sarasah Bunta terdapat 5 air terjun alami yang amat mempesona. Di lokasi ini kita akan menemukan cagar alam dengan tumbuhan dan hewan-hewan langkanya. Disini juga menjadi tempat asyik buat menguji adrenalin melalui olah raga panjat tebing.

Jika hanya ingin menikmati harmoninya alam dengan fasilitas modern, di wilayah Aka Barayun ada sebuah kolam renang dengan air terjunnya yang tinggi. Tak jauh dari lokasi air terjun terapat pula cottage dan resort  dengan harga sewa antara ratusan ribu hingga jutaan dolar permalam.

Memasuki resort yang luas ini, kita harus melalui jalan setapak dilapis semen dan conblock. Untuk sampai di bagian dalam area resort, saya benar-benar berasa olah raga karna melalui kontur tanah yang nanjak berliku. Keringat yang keluar berkucuran, sepertinya terbayar dengan suguhan pemandangan indah yang terhampar disana.

Resort dengan arsitektur rumah "bagonjong" khas Minangkabau berada tepat di bawah tebing curam.

Resort dengan arsitektur rumah “bagonjong” khas Minangkabau berada tepat di bawah tebing curam.

Elemen kayu nampak mendominasi semua bangunan di resort ini. Dengan tebing yang tinggi menjulang disekeliling, menghasilkan suasana kontras yang menumbuhkan keseimbangan harmoni alam. Atap rumbia memberi nuansa alam asri yang semakin kental di sini. Desain arsitekturnya pun selaras, menyatu dengan alam sekitar. Diselingi semilirnya angin disela daun diantara batuan cadas.

Mushola bundar dengan kubah kerucut, sebuah bangunan unik di area resort .

Mushola bundar dengan kubah kerucut, sebuah bangunan unik di area resort . (photo by : ettylist)

Tapi ada satu bangunan yang mengusik mata saya. Sebuah bangunan beratap bundar nampak berbeda dengan bangunan lainnya.  Saya kira ini bangunan apa, ternyata sebuah mushola. Atap bertumpuk dua berbentuk kerucut, desain unik kubah sebuah mushola

Memasuki obyek wisata ini sangat-sangat murah. Hanya dengan retribusi Rp 2000 saja perorang kita akan disuguhi pesona alam yang menakjubkan. Hanya saja, harga sewa penginapan di lokasi ini setinggi tebing disekitarnya, setidaknya bagi wisatawan domestik kere seperti saya. Hee..hee… Namun, bagi mereka yang merindukan harmoninya alam dengan keindahan dan keasriannya, ini adalah salah satu tempat yang layak diperhitungkan.  Terutama bagi wisatawan asing, harga sewa hotel yang mahal memang cukup setimpal.

Berada di lokasi ini seperti berada di sebuah benteng alam. Dikelilingi oleh tebing-tebing curam yang tinggi menjulang. Berteriak di sekitar tebing menghasilkan pantulan gema yang sempurna. Penerapan materi fisika tentang pantulan bunyi, bisa diaplikasikan dengan baik di sini.

Salah satu rumah ‘bagonjong’ pada rumah peristirahatan ini nampak begitu asri. (photo by : ettylist)

Ayunan di salah satu sudut resort

Keponakan saya Farhan, sedang menikmati semilir angin disela daun, kicauan burung dan gemericik air terjun dikejauhan. Hmm…nikmatnya dibuai simfoni alam.

Objek wisata Lembah Harau  sendiri, diperkirakan telah ada dan dikunjungi sejak jaman Belanda. Di dekat Air Terjun Sarasah Bunta, terdapat sebuah monumen peninggalan Belanda,  tertera  tahun 1926 dan sebuah tanda tangan  F Rinner, seorang Asisten Residen Belanda pada masa itu. Ini  sebuah bukti bahwa sebenarnya  obyek wisata Lembah Harau merupakan obyek wisata yang cukup tua.

Hamparan sawah yang dikelilingi bukit-bukit dengan dinding batu granit yang tegak lurus menjulang tinggi, inilah pesonanya. Diantara dinding batu disekeliling lembah yang terbentang luas, saya terpukau oleh keindahan alam dihadapan mata. Di lembah ini saya tak berhenti berdecak kagum. Sebuah bukti kebesaran Illahi yang tak dapat dipungkiri lagi, betapa “kecil“-nya manusia.

Pengembangan industri pariwisata di wilayah ini memang membutuhkan kearifan untuk mempertahankan keasliannya agar tetap terjaga. Jangan sampai pariwisata dikembangkan sebagai sektor strategis hanya untuk mengejar nilai ekonomis tanpa memperhitungkan keseimbangan alam, ekosistim sekitar, budaya dan kearifan lokal.

Siapa pun yang ingin mengunjungi daerah wisata,  alangkah baiknya jika bukan sekedar didasari hobi travelling semata hanya karena memiliki kelebihan uang. Setiap daerah punya budaya uniknya masing-masing. Keunikan itu tentu saja karena adanya perbedan antara wilayah satu dengan wilayah lainnya dimuka bumi ini.

Menikmati keindahan alam setempat dengan kearifan lokalnya, membawa kita pada pemahaman lebih akan kebesaranNya. Hal-hal baru yang ditemui menjadi bahan perenungan yang bermanfaat agar kita bisa saling memahami dan menghargai. Dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung.

Jakarta, 26 Desember 2011

Salam Hangat dan Semangat🙂

Etty Lismiati.

Categories: Cerita dibalik foto | Tags: , , , , , | 6 Komentar

Navigasi pos

6 thoughts on “Lembah Harau Yang Memukau

  1. waaahhhh bagus bgt..
    pengen deh jalan-jalan ke sana..

    Suka

    • Pokoknya gak nyesel deeh…. beneran! Ini baru salah satu aja dari sekian banyak objek wisata di kampung halaman saya. Thanks sudah mampir di “lapak” sederhana ini.Salam kenal.

      Suka

  2. Haloo Mba, unni Etty🙂 suka banget deh dengan cerita ini, foto-fotonya bener-bener mewakili Uni di sana, jadi kepengen berkunjung ke sana. btw, salam kenal yaa Uni

    Suka

    • Eeeyyy… makasih sudah mampir. Salam kenal juga. Ayooo… liat keindahannya dari dekat, gak bakalan nyesel kok. Yang ada mungkin kpengen datang lagi dan lagi..He..he.. promosi deh !

      Suka

  3. onde … mande … cantik nian alm kit tu uniii … tarimo kasih telah berbagi … jadi pengen kesana deh … kita bicaraan ttg guru blogger di Forum Diskusi Guru Profesional – FGDP yuu … see http://dedidwitagama.wordpress.com/2011/12/26/forum-diskusi-guru-profesional-fdgp-tempat-guru-saling-berbagi-dan-membangun-diri-gabung-yuuu-free-of-chargegratis/ … uni kabari teman-teman guru SMP yaaa😀

    Suka

Tulislah tanggapan anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: