MOPDB (Masa Orientasi Peserta Didik Baru)

MOPDB dulu lebih dikenal dengan nama MOS (Masa Orientasi Siswa) yang sampai saat ini masih familier di telinga masyarakat. Setelah Kemendiknas mengganti sebutan siswa menjadi  peserta didik, maka MOS pun berubah nama menjadi MOPDB.  MOS ataupun MOPDB hanya sebuah istilah, intinya adalah sebuah kegiatan yang bertujuan membantu siswa agar dapat beradaptasi dengan baik dilingkungan barunya. Selain melibatkan OSIS sebagai pelaksana teknis, kegiatan ini juga melibatkan hampir semua komponen sekolah serta dukungan stake holder  dibawah naungan komite sekolah, yang bersama-sama memiliki tanggung jawab membangun budaya sekolah. Bagi siswa yang lebih senior sudah bukan jamannya lagi MOPDB menjadi ajang perpeloncoan . Bukan jamannya lagi menumbuhkan rasa hormat dengan cara merendahkan. MOPDB di SMPN 47  selain menjadi kegiatan awal di sekolah baru, juga sebagai media berekspresi bagi siswa dari kelas yang lebih tinggi  untuk menunjukkan kebolehannya melalui bidang ektra kurikuler yang digeluti, sekaligus menarik minat anggota baru dengan berpromosi  .

Tiap jenjang pendidikan mempunyai ciri khusus yang membedakannya dengan jenjang pendidikan lainnya. Masa-masa awal di sebuah lingkungan baru memiliki peran penting bagi perkembangan psikologis seorang anak. Hal ini terkait erat pada persepsi anak terhadap nilai-nilai dan norma yang diterimanya selama proses belajar.  Masa peralihan dari Sekolah Dasar ke Sekolah Menengah Petama, merupakan tahapan khusus dari perkembangan seorang anak yang membutuhkan perhatian khusus pula. Prinsip–prinsip dasar dalam mengenal lingkungan baru melalui pendekatan yang menyenangkan, diharapkan akan berpengaruh positip bagi persepsi peserta didik terhadap budaya sekolah, sehingga dapat membantu peserta didik agar mampu beradaptasi dengan baik .

PRINSIP-PRINSIP PENYELENGGARAAN MOPDB

  1. Penyelenggaraan MOPDB berisi penghangatan suasana , menambah wawasan dan pendidikan demokrasi.
  2. Pelaksanaan MOPDB harus berdasarkan prinsip mudah, murah, menyenangkan, masal dan meriah. Oleh karena itu kegiatan MOPDB perlu disesuaikan dengan kondisi dan lingkungan sekolah.
  3. Penyelenggaraan MOPDB bersifat fleksibel, dapat memilih beberapa mata acara alternatif, menyesuaikan diri dengan keadaan yang merujuk pada MOPDB itu sendiri.
  4. Pelaksanaan MOPDB agar menghindari pungutan biaya dari siswa. Seluruh dana pelaksanaan MOPDB agar dianggarkan pada APBS.
  5. Kegiatan MOPDB dapat berlangsung secara kelompok atau masal disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan.
  6. Metode penyampaian MOPDB tidak terfokus dalam bentuk ceramah, tetapi dapat menyesuaikan  metode yang dapat mengaktifkan dan melibatkan banyak peserta.
  7. Pelaksanaan MOPDB berlangsung pada hari efektif sekolah. Dengan demikian tidak meliburkan peserta didik di kelas yang lebih tinggi.

Sebagai salah satu program sekolah,  bidang kesiswaan  SMP Negeri 47 Jakarta,  senantiasa melakukan upaya pengembangan diri secara lebih efektif  melalui kegiatan Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPDB) bagi calon siswa kelas VII Tahun Pelajaran 2011-2012 ini. Kegiatan ini mengambil tema:

“Melalui Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPDB) SMP Negeri 47 Jakarta Tahun Pelajaran 2011-2012, Kita Tumbuhkan Karakter Bangsa Yang Jujur, Mandiri dan Berakhlak Mulia”

Tema yang diambil terkait  dengan pendidikan karakter yang belakangan ini hangat dibicarakan sebagai bagian dari kurikulum.  Melaui serangkaian kegiatan ini diharapkan panitia mampu membangun karakter  positip melalui berbagai bentuk mata acara di dalamnya khususnya melalui pembekalam materi maupun games2 yang interaaktif dan menyenangkan. Seperti dikatakan tadi, kegiatan ini pada intinya bertujuan untuk memudahkan siswa mengenal lebih baik lingkungan belajarnya.  Dengan mengenal lebih baik lingkungan belajar ini, diharapkan para peserta didik dapat membangkitkan gairah belajarnya, mengeksplorasi hal-hal baru di sekolah secara lebih positif.

Foto lain klik di sini http://www.facebook.com/media/set/?set=a.250681128281003.82253.158850134130770

Categories: Berita 47 | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tulislah tanggapan anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: