Thema Penelitian

Alternatif Tema Penelitian Pengawasan Manajerial Sasaran atau obyek penelitian pengawasan manajerial adalah kepala sekolah, tenaga tata usaha, pustakawan, laboran dan tenaga kependidikan lainnya atau sering disebut staf sekolah. Bidang kajian pengawasan manajerial adalah upaya meningkatkan mutu penyelenggaraan pendidikan di sekolah terutama dalam aspek administrasi dan pengelolaan sekolah. Oleh sebab itu tema-tema atau kawasan masalah penelitian bidang pengawasan manajerial antara lain dapat diidentifikasi sebagai berikut :

1. Membina Kepala Sekolah dalam melaksanakan visi, misi dan tujuan sekolah

2. Membina kepala sekolah dalam menyusun perencanaan pendidikan pada sekolahnya

3. Membina kepala sekolah dalam melaksanakan program pendidikan pada sekolahnya

4. Membina kepala sekolah dalam menyusun rencana anggaran biaya sekolah

5. Membina kepala sekolah dalam melaksanakan manajemen berbasis sekolah

6. Membina kepala sekolah dalam mengembangkan sarana dan prasaran pendidikan

7. Membina kepala sekolah dalam pengelolaan keuangan sekolah

8. Membina kepala sekolah dalam mengembangkan kemampuan guru dan staf sekolah

9. Membina kepala sekolah dalam menjalin hubungan dengan masyarakat

10. Membina kepala sekolah dalam memberdayakan komite sekolah

11. Membina kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan

12. Membina kepala sekolahdalam mengembangkan perpustakaan dan sumber-sumber belajar lainnya

13. Membina kepala sekolah dalam mengembangkan program bimbingan konseling di sekolah

14. Membina kepala sekolah dalam mengembangkan kegiatan kesiswaan

15. Membina kepala sekolah dalam mengembankan kegiatan ekstrakurikuler

16. Membina staf sekolah dalam melaksanakan administrasi kesiswaan

17. Membina staf sekolah dalam melaksanakan administrasi kepegawaian

18. Membna staf sekolah dalam melaksanakan administrasi keuangan

19. Membina staf sekolah dalam melaksanakan administrasi sarana pendidikan

20. Membina staf sekolah dalam melaksanakan administrasi kurikulum

21. Menilai kinerja kepala sekolah dalam melaksanakan fungsi-fungsi kepeminpinan

22. Menilai kinerja staf sekolah dalam melaksanakan administrasi sekolah

23. Menilai pelaksanaan standar nasional pendidikan di sekolah

24. Memantau pelaksanaan ujian nasional di sekolah

***** Sumber: Identifikasi Masalah Kepengawasan, Ditjen PMPTK Depdiknas, 2008

Categories: Serba serbi dunia pendidikan | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tulislah tanggapan anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: