PEMILU OSIS, Sebuah Pembelajaran Demokrasi di Sekolah

 

 

 

 

Serba-serbi PEMILU OSIS Periode 2010-2011.

 

Tahap I : Pemilihan Ketua MPK dan menetapka ketua KPU (Komisi Pemilihan Umum)

Tahap I : Pemilihan Ketua MPK dan menetapka ketua KPU (Komisi Pemilihan Umum).

Para anggota MPK (Majelis Permusyawaratan Kelas) ini terdiri dari 5 orang pengurus masing2 kelas, pengurus OSIS periode 2009-2010, serta para utusan2 terpilih yang direkomendasikan oleh wali kelasnya masing2. Setelah pelajaran dikelas selesai mereka berkumpul dilapangan, untuk melaksanakan rapat umum dan pemilihan ketua MPK yang selanjutnya membentuk Komisi Pemilihan Umum. KPU ini bertugas melakukan pengawasan atas pelaksanaan pemilu yang jujur dan demokratis.

Rapat MPK mmenetapkan ketua MPK dan terpilihlah seperti yang tertera pada gambar di atas. Selanjutnya pengurus MPK ini menetapkanh bakal calon ketua OSIS periode mendatang, yang diajukan oleh seluruh anggota.
Ibu Irma, sedang memandu siswa-siswi anggota MPK dalam menentukan kriteria bakal calon ketua OSIS periode mendatang. Salah satu kriterianya adalah tidak duduk di kelas 9. Jadi mereka yang berhak dipilih hanya siswa kls 7 dan 8, sedang siswa kelas 9 hanya berhak memilih. Karena siswa kelas 9 sudah harus berkonsentarsi penuh pada pelajaran untuk menghadapi UN mendatang. Kepengurusan OSIS yang sekarang umumnya dipegang oleh siswa yang sekarang sdh duduk di kelas 9. Jadi untuk itulah diadakan pemilu setiap tahun sebagai bentuk regenerasi dan penanaman nilai2 demokrasi di sekolah.

Ismalasari, Ketua MPK sejkaligus sebagai Ketua OSIS yang masa jabatannya akan berakhir, memandu adik2 kelasnya ini untuk menentukan bakal calon Ketua OSIS untuk menggantikan posisinya dan membentuk kepengurusan OSIS yang baru. Kecuali anggota MPK dari kelas 9, semua berhak dipilih maupun memilih termasuk memilih diri sendiri dalam secarik kertas yang di gulung kecil kemudian dikumpulkan untuk di hitung siapa yang memiliki dukungan anggta terbanyak

Dengan disaksikan oleh Ibu Etty dan Bu Enny, gulungan kertas yang sudah terkumpul siap di hitung.

Foto lainnya, silahkan kunjungi http://www.facebook.com/pages/Dokumentasi-Kegiatan-SMP-Negeri-47-Jakarta/158850134130770?v=photos

Categories: Berita 47, Cerita dibalik foto | 2 Komentar

Navigasi pos

2 thoughts on “PEMILU OSIS, Sebuah Pembelajaran Demokrasi di Sekolah

  1. salam perkrnalan dari kami di madrasah pedesaan

    Suka

Tulislah tanggapan anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: